Hubungan Dukungan Sosial dengan Psychological Well-Being pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Era VUCA: Literature Review

Authors

  • Luvieta Zulgya Nitami Universitas Negeri Semarang
  • Putri Nur Kholifah Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Dukungan sosial; Psychological well-being; Mahasiswa

Abstract

Mahasiswa tingkat akhir merupakan mahasiswa yang hampir menyelesaikan semua mata kuliahnya  dan sedang fokus pada tugas akhir atau proses penyelesaian skripsi. Mahasiswa dalam proses penyelesaian skripsi seringkali mengalami hambatan atau tantangan yang dapat mengganggu psychological well-being mahasiswa bahkan di era VUCA saat ini dengan kondisi perubahan begitu cepat yang dipengaruhi banyak faktor yang sulit dikontrol dan diduga. Hal tersebut yang diperlukan oleh mahasiswa adalah dukungan sosial dari lingkungan di sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dengan psychological well-being pada mahasiswa tingkat akhir di era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity). Penelitian ini menggunakan metode literature review untuk mengumpulkan data dengan meninjau dan menganalisis literatur yang relevan terkait dukungan sosial dan psychological well-being pada mahasiswa tingkat akhir dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan psychological well-being. Dengan demikian, semakin tinggi dukungan sosial yang diperoleh mahasiswa yang menempuh semester akhir, maka semakin tinggi pula psychological well-being yang dimilikinya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai hubungan dukungan sosial dengan psychological well-being pada mahasiswa tingkat akhir di era VUCA yang dapat dijadikan rekomendasi kepada peneliti selanjutnya.

Downloads

Published

2024-12-03