Pengaruh Self-Control Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa SMP Negeri 1 Limbangan

Authors

  • Dila Dimi Akhira
  • Sabrina Williadana

Keywords:

Prokrastinasi akademik, self-control, tuntutan akademik

Abstract

Tuntutan akademik yang diterima oleh siswa SMP sering kali membuat siswa merasa jenuh untuk datang ke sekolah dan mengakibatkan siswa sering untuk menunda-nunda untuk mengerjakan tugas bahkan tidak mengerjakan sama sekali atau biasa disebut dengan prokrastinasi akademik atau fenomena menunda menyelesaikan pekerjaan di bidang akademik melebihi batas waktu yang telah ditentukan. Berdasarkan data yang telah didapat dari angket kebutuhan peserta didik (AKPD) untuk siswa SMPN 1 Limbangan kelas VII bahwa tercatat ada sekitar 57% siswa yang sering menunda pekerjaan sekolah. Untuk itu peneliti akan melihat pengaruh self-control terhadap prokrastinasi akademik siswa SMPN 1 Limbangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional untuk mengeksplorasi pengaruh antara self-control dan prokrastinasi akademik di SMP N 1 Limbangan pada kelas VIII. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala likert untuk mengukur atribut psikologis terkait kedua variabel tersebut. Dari penelitian yang telah dilakukan didapati nilai signifikansi pengaruh self-control (X) terhadap prokrastinasi akademik (Y) yaitu 0,001 < 0,005, nilai koefisien sebesar -1,164 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara self-control dan prokrastinasi akademik pada siswa.

 

Kata kunci: Prokrastinasi akademik, self-control, tuntutan akademik

 

 

ABSTRACT

The academic demands received by junior high school students often make students feel bored to come to school and result in students often procrastinating to do assignments and even not doing them at all or commonly referred to as academic procrastination or the phenomenon of delaying completing work in the academic field beyond a predetermined time limit. Based on data obtained from the learner needs questionnaire (AKPD) for students of SMPN 1 Limbangan class VII, there are around 57% of students who often postpone school work. For this reason, researchers will look at the effect of self-control on the academic procrastination of SMPN 1 Limbangan students. This study used a quantitative approach with a correlational design to explore the relationship between self-control and academic procrastination at SMP N 1 Limbangan in class VIII. Data were collected through a questionnaire with a Likert scale to measure psychological attributes related to both variables. From the research that has been done, it is found that the significance value of the effect of self-control (X) on academic procrastination (Y) is 0.001 <0.005, the coefficient value is -1.164, it can be concluded that there is a significant negative effect between self-control and academic procrastination in students.

Keywords: Procrastination academic, self-control, academic demands.

Downloads

Published

2024-12-03