Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Pada Korban Tindak Bullying di Era VUCA:Literatur Review

Authors

  • Aisya Zaida Adzkia Kusumah
  • Bima Arisoni Putra

Keywords:

Social Support, Self-Confidence, Bullying, VUCA Era

Abstract

ABSTRAK

 

Sejak tahun 2011 hingga tahun 2014, KPAI mendapatkan 369 pengaduan terkait dengan bullying. Jumlah itu sekitar 25% dari jumlah pengaduan dalam bidang pendidikan yang sudah sebanyak 1.480 kasus. Kasusbullyingsering terjadi di sekolah, media sosial maupun dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini memerlukan penangan yang eksklusif, karena jika dibiarkan akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak, serta dapat menimbulkan trauma bagi korbannya. Perilakubullyingini memiliki dampak buruk bagi kepercayaan diri dari korbannya. Agar dapat menanggulangi permasalahanbullying, lingkungan sosial sangat berperan penting dalam mengungkapkan keprihatinan mereka mengenai dampaknya. Salah satu peran sosial yang mendukung hal ini yaitu adanya dukungan sosial. Tujuan dari studi ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh dukungan sosial terhadap kepercayaan diri perilaku korbanbullying. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatanliteratur review. Penggunaan metode ini didasarkan pada berbagai sumber yang relevan terhadap topik penelitian yang dikumpulkan mengenai adanya perubahan yang didasari oleh dukungan sosial terhadap korbanbullying, lalu dilakukan analisis. Artikel ini diharapkan mampu memberikan gambaran mengenai dukungan sosial yang kuat untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri terhadap kehidupan sosialnya, seperti keluarga, teman, maupun guru di sekolahnya. Sehingga korban yang mengalamibullyingmampu berkembang dengan baik, dan korban merasa dihargai.

 

Kata kunci: Dukungan Sosial, Kepercayaan Diri, Bullying, Era Vuca

 

 

ABSTRACT

 

From 2011 to 2014, KPAI received 369 complaints related to bullying. The number is about 25% of the total number of complaints in the field of education which has amounted to 1,480 cases. Bullying cases often occur in schools, social media and in everyday life. This requires exclusive handling, because if left unchecked it will interfere with the growth and development of children, and can traumatize the victims. This bullying behavior has a negative impact on the self-confidence of its victims. In order to tackle the problem of bullying, the social environment plays an important role in expressing their concerns about its impact. One of the social roles that support this is the existence of social support. The purpose of this study is to determine the effect of social support on bullying behavior. This study used a qualitative method with a literature review approach. The use of this method is based on various sources relevant to the research topic collected regarding changes based on social support for victims of bullying, then analyzed. This article is expected to provide an overview of strong social

 

support to increase self-confidence in social life, such as family, friends, and teachers at school. So that victims who experience bullying are able to develop well, and victims feel valued.

 

Keywords: Author; Social Support, Self-Confidence, Bullying, VUCA Era

 

 

 

 

 

 

Downloads

Published

2024-12-03