PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM OPTIMALISASI INTELIGENSI SISWA SEKOLAH MENENGAH DI ERA ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)

Authors

  • Dwi Dewanti Universitas PGRI semarang
  • Nisrina Fadwa Hana Universitas PGRI semarang
  • Veni Sintiamadi Universitas PGRI semarang

Keywords:

Bimbingan dan Konseling; Inteligensi Siswa; Kecerdasan Buatan; Pendidikan Menengah; Berpikir Kritis; belajar Mandiri

Abstract

Perkembangan Artificial Intelligence (AI) telah mengubah pola belajar siswa sekolah menengah secara signifikan, termasuk dalam cara mereka mengakses informasi dan membangun pemahaman. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam mengoptimalkan fungsi inteligensi siswa di era AI. Melalui kajian literatur terhadap penelitianpenelitian sebelumnya, ditemukan bahwa penggunaan AI tanpa pendampingan dapat menurunkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Guru BK memegang peran strategis dalam memberikan layanan yang mendukung pengembangan inteligensi umum seperti kemampuan analitis, konsentrasi, serta adaptasi terhadap perubahan teknologi. Artikel ini merekomendasikan penguatan layanan BK yang adaptif dan visioner untuk mempersiapkan siswa menjadi pembelajar aktif, kritis, dan tangguh di era digital.

Downloads

Published

2025-06-28