STUDI KASUS PERILAKU KETERLAMBATAN SISWA DI SEKOLAH DI SMA NEGERI 3 REMBANG

Authors

  • Agustin Nurhidayah Universitas PGRI semarang
  • Heri Saptadi Ismanto Universitas PGRI semarang
  • Farikha Wahyu Lestari Universitas PGRI semarang

Keywords:

Disiplin; Keterlambatan siswa; Studi kasus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku keterlambatan siswa ke sekolah melalui pendekatan studi kasus pada dua orang siswa di SMA Negeri 3 Rembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlambatan siswa disebabkan oleh kombinasi faktor internal dan eksternal. Faktor internal mencakup rendahnya kesadaran akan tanggung jawab, kurangnya manajemen waktu, dan kebiasaan tidur larut malam. Sedangkan faktor eksternal meliputi peran orang tua, tuntutan pekerjaan rumah tangga, dan kurangnya pengawasan terhadap rutinitas harian siswa. Temuan ini menekankan pentingnya keterlibatan keluarga serta dukungan dari pihak sekolah dalam mengatasi perilaku keterlambatan siswa. Penelitian ini menyarankan perlunya penguatan pendidikan karakter dan pengembangan kebijakan sekolah yang mendukung pembentukan disiplin dan tanggung jawab siswa sebagai bagian dari upaya preventif terhadap keterlambatan ke sekolah.

Downloads

Published

2025-06-28