ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMA KESATRIAN 2 SEMARANG
Keywords:
Media sosial; Prokrastinasi akademik; Siswa SMA, Perilaku BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku prokrastinasi akademik siswa SMA Kesatrian 2 Semarang. Media sosial sebagai salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pola belajar siswa, terutama penundaan dalam menyelesaikan tugas akademik. Artikel ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap jumlah siswa 125 kelas XI yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Sampel akan diambil secara purposive sampling sebanyak 125 siswa dari kelas XI. Instrumen yang digunakan berupa angket melalui skala likert untuk mengukur intensitas media sosial dan tingkat prokrastinasi akademik. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara intensitas penggunaan media sosial terhadap prokrastinasi akademik dengan nilai koefisien regresi sebesar β = 0,547 dan nilai signifikansi (p) = 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi intensitas penggunaan media sosial, semakin tinggi pula tingkat prokrastinasi akademik siswa. Koefisien determinasi (R²) = 0,298 menunjukkan bahwa sebesar 29,8% variasi perilaku prokrastinasi akademik dapat dijelaskan oleh intensitas penggunaan media sosial. Sisanya 70,2% ini membahas faktor-faktor yang mempengaruhi dua variabel. Artikel ini menegaskan pentingnya literasi digital dalam pembinaan manajemen waktu untuk meminimalkan dampak negatif dari media sosial terhadap proses belajar siswa.