PERSEPSI SOSIAL SISWA TENTANG KEBERADAAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH

Authors

  • Riska Amelinda Universitas PGRI semarang

Keywords:

pendidikan inklusif; persepsi sosial; siswa berkebutuhan khusus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi sosial siswa terhadap keberadaan siswa
berkebutuhan khusus di lingkungan sekolah inklusif. Persepsi sosial merupakan aspek penting
dalam menciptakan iklim sekolah yang inklusif, ramah, dan mendukung perkembangan semua
siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan metode kuantitatif eksperimen. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa sebagian siswa menunjukkan sikap kurang menerima, menjaga
jarak, bahkan merendahkan siswa berkebutuhan khusus. Persepsi negatif ini dipengaruhi oleh
kurangnya pemahaman terhadap kondisi siswa berkebutuhan khusus, pengaruh stereotip dari
lingkungan sosial, serta minimnya intervensi pendidikan karakter dan nilai-nilai inklusi di sekolah.
Rekomendasi mencakup intervensi sistematis berbentuk edukasi, pelatihan, dan pembinaan
lingkungan sosial yang suportif tercipta budaya sekolah yang lebih inklusif dan berkeadilan.

Downloads

Published

2025-06-28