EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA REMAJA
Keywords:
Bimbingan Kelompok, Penyesuaian diri, Problem solvingAbstract
Siswa yang melakukan penyesuaian diri terdapat rintangan atau hambatan yang dihadapi individu ditandai dengan sikap tidak menghargai guru dan teman, bertindak sesuka hati, tidak mengerjakan tugas, dan melakukan pelanggaran dilingkungan sekolah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yang untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri dapat dilakukan dengan bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik problem solving untuk meningkatkan penyesuaian diri pada siswa SMA kelas X. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian Pretest- Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Jalaksana sebanyak 213 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling. Sampel penelitian berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 8 siswa kelompok kontrol dan 8 siswa kelompok eksperimen. Instrumen penelitian ini berupa skala penyesuaian diri yang diberikan saat pretest dan posttest. Analisis menggunakan rumus uji t dua sampel. Sebelum data dianalisis, data terlebih dahulu diuji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Kemudian dilakukan uji hipotesis berdasarkan data tersebut. Hasil hipotesis menggunakan independent t-test menunjukan sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05, jadi hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan efektivitas dalam penggunaan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving dan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap penyesuaian diri pada siswa.