Literatur Review: Positive Self-Talk Sebagai Intervensi untuk Mengurangi Insecurity Pada Remaja Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling
Keywords:
remaja, insecurity, positive self-talk, intervensi kognitif, bimbingan dan konselingAbstract
Periode perkembangan masa remaja sering kali rentan terhadap berbagai permasalahan psikologis,
salah satunya rasa tidak aman (insecurity). Perasaan tersebut akan berdampak negatif terhadap harga diri, relasi sosial, dan kesejahteraan mental. Maka, guru bimbingan dan konseling (BK) memiliki peran penting dalam membantu remaja dalam menangani masalah psikologis melalui pendekatan intervensi kognitif, berupa teknik positif self talk. Artikel ini bertujuan untuk meninjau secara teoritis dan empiris mengenai efektivitas positive self talk dalam menurunkan insecurity pada remaja. Melalui studi literature dari berbagai sumber ilmiah, ditemukan bahwa positive self talk mampu untuk meningkatkan kepercayaan diri dan citra diri positif, serta mengurangi pikiran negatif yang akan berdampak pada rasa insecure. Teknik positive self talk dapat diterapkan dalam layanan bimbingan pribadi di sekolah. Artikel ini dapat merekomendasikan mengenai penerapan teknik positive self talk dalam bimbingan konseling sebagai strategi preventif dan kuratif terhadap masalah psikologis pada remaja.