Peran Bimbingan dan Konseling dalam Mendukung Perkembangan Optimal Anak Usia Dini di Sekolah (TK)
Keywords:
Bimbingan dan Konseling, perkembangan anak usia diniAbstract
Peran krusial bimbingan dan konseling (BK) sejak usia dini dalam mempersiapkan "Generasi Emas" Indonesia. Bimbingan dan Konseling di masa prasekolah dan awal sekolah dasar tidak hanya fokus pada aspek akademis, tetapi juga pada pengembangan sosial-emosional, kemandirian, dan karakter anak. Melalui intervensi yang tepat, BK membantu mengoptimalkan potensi anak, mengatasi hambatan perkembangan, dan menanamkan nilai-nilai positif sebagai bekal menuju masa depan yang gemilang. Artikel ini juga mengulas beberapa pendekatan dan teknik BK yang efektif untuk anak usia dini. Metode penelelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur, atau sering disebut studi literatur yang merupakan metode pengumpulan dan analisis data yang dilakukan dengan menelah sumber-sumber tertulis jurnal, artikel dan artikel yang relevan dengan topik penelitian. Metode ini digunakan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyintesis informasi yang ada dalam literatur untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang topik penelitian. Bimbingan dan konseling sejak usia dini memainkan peran yang tak tergantikan dalam mewujudkan visi ini. Dengan memberikan dukungan yang tepat pada masa- masa awal kehidupan, kita tidak hanya mengoptimalkan potensi individu, tetapi juga meletakkan fondasi yang kokoh bagi kemajuan bangsa Indonesia di masa depan. Investasi dalam Bimbingan dan Konseling untuk anak usia dini adalah investasi strategis untuk mewujudkan Generasi Emas yang berkualitas secara holistik.