KREATIFITAS GURU DALAM MEMILIH MEDIA UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang perlu diperkenalkan sejak dini kepada anak-anak. Banyak sekolah dasar memasukkan mata pelajaran bahasa inggris pada kurikulum mereka, baik sebagai muatan lokal maupun sebagai ekstra kurikuler. Bahasa inggris diajarkan di sekolah dasar sebagai pondasi untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dengan dasar kepentingan ini maka mata pelajaran bahasa inggris perlu untuk diimplementasikan sejak jenjang pendidikan dasar. Dalam mengajar bahasa inggris guru dituntut untuk kreatif agar kelas bahasa inggris tidak menakutkan karena banyak anak-anak menganggap mata pelajaran bahasa inggris adalah mata pelajaran yang sulit. Salah satu kreatifitas guru muncul ketika guru memilih media pembelajaran yang menarik untuk pelajaran bahasa inggris. Dari sekian banyak media pembelajaran yang ada di luar sana, guru harus pintas memilih media mana yang cocok untuk bahasa inggris level sekolah dasar. Penelitian ini fokus mengkaji secara mendalam mengenai kreatifitas guru dalam memilih media pembelajaran untuk mata pelajaran bahasa inggris untuk anak sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang memperdalam kajian tentang kreatifitas guru dalam memilih media beserta kendala dan solusinya. Sehingga pada akhirnya penelitian ini bisa menjadi acuan bagi guru bahasa inggris jenjang sekolah dasar yang lain.