PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Muhammad Arief Budiman UPGRIS
  • Ari Widyaningrum UPGRIS
  • Mira Azizah UPGRIS

Keywords:

Pembelajaran bahasa inggris, sekolah dasar, spelling

Abstract

Pandemi Covid-19 merupakan permasalahan global yang berdampak besar pada berbagai sektor, salah satunya pendidikan.Berbagai aspek pendidikan mengalami berbagai perubahan.Pendidik harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun peserta didik berada di rumah.Solusinya, pendidik dituntut mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online). Hal ini juga berlaku pada pelaksanaan mata pelajaran bahasa inggris yang terdapat dalam kurikulum sekolah dasar. Guru bahasa inggris di level sekolah dasar diharapkan dapat mengantisipasi situasi pandemi ini dengan menggunakan media yang sesuai dengan perkembangan anak di level tersebut, terutama dalam materi pengejaan kata baik di kelas tinggi maupun rendah, serta media tersebut dapat memudahkan proses pembelajaran secara daring. Sebagai jalan keluar dalam memudahkan proses pembelajaran, peneliti memilih pendidikan seni musik sebagai pengembangan media dalam pembelajaran daring tentang spelling atau mengeja. Tujuan khusus penelitian ini adalah mengembangkan media spellearn untuk anak usia sekolah dasar dan mengetahui tingkat keefektifan media spellearn terhadap kemampuan berbahasa inggris siswa Sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) yang diungkapkan oleh Borg and Gall. Penelitian ini mengacu pada metode penelitian pengembangan yang diungkapkan oleh Sukmadinata dan diringkas menjadi 6 langkah untuk kepentingan penelitian, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) perencanaan; (3) pengembangan draf produk; (4) uji coba lapangan awal; (5) merevisi hasil uji coba; (6) penyempurnaan produk akhir.Luaran dari penelitian ini adalah publikasi ilmiah dalam jurnal CULTUR dari Unaki yang mempunyai ISSN dan terakreditasi. Selain itu juga dapat dipublikasikan dalam prosiding pada seminar ilmiah, adapun sasarannya adalah seminar nasional PGSD Universitas PGRI Semarang pada Oktober 2020; Dapat dijadikan masukan dalam mengembangkan media lagu untuk peningkatan spelling learning anak usia sekolah dasar dalam skala yang lebih luas, dapat dijadikan masukan bagi para pendidik untuk meningkatkan peran dan fungsinya sebagai dasar dalam melaksanakan tugas profesionalitas yang produktif dan juga dapat digunakan sebagai pengayaan bahan ajar. Penelitian ini adalah penelitian multi year (dua tahun).Untuk tahun pertama kami melaksanakan TKT 1 sampai 3.Untuk tahun kedua kami melaksanakan TKT 4 sampai 6.TKT untuk saat ini pada tahap TKT Level 1 dengan adanya konsep dan media pembelajaran yang telah ada dan akan dikembangkan untuk media agar target TKT bisa mencapai ke level TKT 3 yakni pembuktian konsep fungsi dan/atau karakteristik penting secara analitis dan eksperimental. pembuktian konsep fungsi spellearn akan dilaksanakan selama 12 bulan, salah satunya di SD sampling yakni SD Plumbungan Kabupaten Pati.

Downloads

Published

2020-12-31