CRAFTING SEBAGAI MEDIA EDUKATIF BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA ANAK
Abstract
Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Tim Pengabdian Masyarakat UPGRIS, Tim menemukan bahwa anak-anak panti asuhan Ar-Rhodiyah masih mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Inggris. Hal tersebut terjadi karena kurangnya media pembelajaran bahasa Inggris yang bersifat edukatif dan mudah untuk diciptakan. Selain itu, perbedaan usia antar anak dalam panti asuhan tersebut juga menjadi beban tersendiri bagi guru untuk melakukan inovasi pembelajaran bahasa Inggris yang bersifat menyenangkan tetapi tetap mengandung unsur edukatif bagi anak. Keterbatasan segala bentuk fasilitas belajar dan pembelajaran dalam lingkungan panti asuhan juga menjadi alasan terkendalanya terciptanya suasana belajar yang kondusif, menyenangkan dan edukatif. Tim pengabdian Masyarakat memberikan solusi atas permasalahan tersebut berupa pelatihan membuat crafting atau kerajinan tangan sebagai media edukasi belajar bahasa Inggris yang menarik, baik dari segi tampilan dan juga menarik perhatian dan minat anak untuk belajar. Pembuatan crafting ini melatih ketrampilan dan kekreatifan peserta didik untuk menciptakan media pembelajaran yang menyenangkan serta dapat melatih motorik anak. Pelatihan ini Tim Pengabdian laksanakan dengan menggunakan metode identifikasi masalah, pelatihan, pendampingan dan monitoring. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta didik mampu menguasai materi dan menciptakan berbagai macam kreasi media edukasi pembelajaran bahasa Inggris. Selain itu, kekretatifan anak dalam mengolah bahan menjadi media edukasi meningkat. Sebagai tambahan, skill anak panti untuk berkomunikasi, memecahkan masalah dan bekerjasama dalam tim juga meningkat.