IMPLEMENTASI CODE MIXING OLEH TUTOR PAUD ANAK BANGSA III SEMARANG DALAM PENGENALAN ENGLISH INSTRUCTION DI DALAM KELAS

Authors

  • Tarcisia Sri Suwarti Universitas PGRI Semarang
  • Siti Lestari Universitas PGRI Semarang
  • M. Wahyu W Universitas PGRI Semarang

Abstract

Periode paling sensitif terhadap bahasa dalam kehidupan seseorang adalah antara umur dua hingga tujuh tahun sehingga sangat penting untuk menerapkan pengajaran bahasa Inggris pada anak-anak sejak usia dini. Penguasaan bahasa Inggris untuk anak usia dini adalah sesuatu yang tidak bisa dipaksakan. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Mengetahui English instructions yang digunakan oleh tutor PAUD Anak Bangsa III pada siswanya; 2) Mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya peristiwa code mixing dari tutor PAUD Anak Bangsa III Semarang terhadap siswanya; 3) Mendeskripsikan implementasi code mixing dalam pengenalan English instruction  oleh tutor PAUD Anak Bangsa III Semarang terhadap siswanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Tutor PAUD Anak Bangsa III Kelurahan Tandang Semarang. Data penelitian yang diperoleh yakni berdasarkan instrument yang berupa, lembar observasi, kuesioner dan data hasil wawancara. Kesimpulan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Kosakata English instruction yang diperkenalkan Tutor PAUD kepada siswanya adalah sebagai berikut: stand up, sit down, loud, silent, repeat, listen, let’s go, clap your hands; 2) Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya code mixing dalam pengenalan English instruction pada siswa PAUD adalah: a) Code mixing terjadi pada kondisi siswa sama sekali belum pernah mengenal English instruction; b) Code mixing terjadi ketika siswa tidak merespon sama sekali English instruction yang disampaikan oleh Tutor; c) Code mixing terjadi ketika siswa memberikan respon yang tidak tepat pada saat Tutor memberikan English instruction; 3) Implementasi code mixing dalam pengenalan English instruction terjadi pada pre-activity, main activity dan post activity. Code mixing paling banyak terjadi pada main acitivty pengajaran di kelas.

Downloads

Published

2020-12-31