PENDAMPINGAN GURU BAHASA INDONESIA DALAM PEMBACAAN PUISI DENGAN TEKNIK BACA-INDAH
Abstract
Permasalahan yang dihadapi mitra adalah 1) kurangnya pemahaman terkait hakikat atau dasar pembacaan puisi dengan teknik baca indah, 2) kurang tepatnya pemilihan enjambemen pada pembacaan puisi, 3) kurang tepatnya penentuan nada, irama, dan intonasi dalam pembacaan puisi, 4) kurang tepatnya penjiwaan dalam pembacaan puisi, dan 5) kurang kuatnya karakter yang dimunculkan dalam pembacaan puisi. Oleh karena itu, tim pengabdi memberikan solusi berupa sharing pengetahuan dan pengalaman, pelatihan, dan pendampingan terkait pembacaan puisi dengan teknik baca indah meliputi 1) hakikat atau dasar pembacaan puisi, 2) pemilihan enjambemen, 3) penentuan nada, irama, dan intonasi, 4) penjiwaan, dan 5) pemunculan karakter yang kuat melalui perubahan gesture dan air muka menggunakan teknik baca indah. Berdasarkan hasil pendampingan, para guru yang tergabung dalam MGMP Bahasa Indonesia 1) mendapatkan tambahan referensi dalam pembacaan puisi dengan teknik baca-indah, 2) lebih tepat memilih enjambemen saat membacakan puisi, 3) lebih baik dalam menentukan nada, irama, dan intonasi ketika membacakan puisi, 4) pembacaan puisi yang dilakukan lebih menjiwai, dan 5) karakter yang dimunculkan dalam pembacaan puisi lebih kuat.