RANCANG BANGUN MODEL SENTIMEN ANALISIS REVIEW PRODUK PADA TOKO ONLINE MENGGUNAKAN NAIVE BAYES
Keywords:
Sentimen Analisis; Produk; Social Business; Toko Online; Naïve BayesAbstract
Revolusi industri 4.0 mendorong gaya hidup khususnya belanja yang sebelumnya dilakukan secara offline kini dilakukan secara online melalui toko online. Disamping itu muncul berbagai social business seperti jualan di Facebook yang memproduksi data tekstual tanpa batas, sehingga diperlukan sebuah penyajian informasi tanpa mendistorsi nilai dari informasi tersebut. Salah satu hal yang menjadi perhatian konsumen adalah review atau komentar terhadap produk. Penelitian ini bertujuan membuat sebuah rancang bangun sistem atau model yang mampu melakukan klasifikasi sentimen analisis review atau ulasan suatu produk toko online, yaitu sentimen positif atau negatif. Tahapan analisis sentimen terdiri dari pengumpulan data, pemrosesan awal, transformasi data, seleksi fitur dan tahapan klasifikasi menggunakan metode naïve bayes. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Pemrosesan awal menerapkan tahapan text mining yakni case folding, non alpha numeric removal, stop words removal, dan stemming. Hasil analisis sentimen diukur menggunakan kriteria Akurasi, Presisi, Recall dan F-measure. Hasil dari penelitian ini berupa produk prototype dan model sistem klasifikasi sentimen analisis produk toko online. Hasil analisis pengujian dengan Confussion Matrix menunjukkan akurasi sebesar 84.9%.