IMPLEMENTASI AJARAN KI HAJAR DEWANTARA SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA SMP N 2 SEMARANG
Abstract
Salah satu media pendidikan karakter yang dapat digunakan dalam pelaksanaan pendidikan karakter di jenjang SMP adalah dengan mengimplementasikan ajaran Ki Hajar Dewantara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi ajaran Ki Hajar Dewantara sebagai media pendidikan karakter bagi siswa SMP N 2 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subyek penelitiannya adalah guru, siswa dan karyawan. Informannya meliputi Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan SMP N 2 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumen. Analisis data menggunakan tahapan Miles dan Huberman. Sedangkan validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan implementasi ajaran Ki Hajar Dewantara sebagai media pendidikan karakter bagi siswa SMP N 2 Semarang dilakukan melalui keteladanaan dan pembiasaan. Keteladanan dilakukan oleh guru dan karyawan, sedangkan pembiasaan dilakukan oleh siswa di bawah pengawasan guru, karyawan, sesama siswa dan orang tua siswa. Kendalanya adalah bahwa implementasi ajaran Ki Hajar Dewantara tidak bisa dilakukan dalam waktu yang cepat karena yang diteliti adalah perubahan sikap yang dimulai dengan pemahaman konsep ajaran Ki Hajar Dewantara, proses peneladanan, proses pembiasaan, evaluasi dan tindak lanjut, sehingga membutuhkan waktu yang lama. Implementasi ajaran Ki Hajar Dewantara akan efektif dilakukan apabila ada komitmen antar berbagai pihak.