PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGI CALON GURU BAHASA INGGRIS MELALUI LESSON STUDY

Authors

  • Sri Wahyuni Universitas Negeri Semarang
  • Dwi Rukmini Universitas Negeri Semarang
  • Sri Wuli Fitriati Universitas Negeri Semarang

Abstract

Untuk memperoleh pengalaman mengajar di kelas nyata, mahasiswa calon guru diwajibkan mengikuti praktik pengalaman lapangan (PPL) di sekolah mitra. Dengan program ini praktikan PPL mendapatkan pendampingan dari guru pamong dan dosen pembimbing sebagai upaya pembentukan kompetensi professional, pedagogi, social, dan kepribadian. Dengan adanya pandemic Covid-19, PPL dilaksanakan secara daring sehingga membutuhkan penyesuaian dari perguruan tinggi, sekolah mitra, guru pamong, dosen pembimbing, dan mahasiswa. Pelaksanaan praktik pembelajaran secara daring bukanlah tanpa tantangan. Hasil observasi terhadap praktikan menunjukkan beberapa permasalahan diantaranya kesulitan dalam pengelolalaan kelas, penyusunan perangkat pembelajaran daring, jaringan Internet yang tidak stabil, minimnya respon siswa, dan kesulitan mengontrol perilaku siswa. Sebagai solusi, pembimbingan mahasiswa PPL dilaksanakan berbasis lesson study. Dengan kombinasi lesson study dan metode konferensi 3-2-1, calon guru mampu mengenali kekurangan dan kelemahannya dalam praktik pembelajaran sehingga berkontribusi terhadap upaya perbaikan kualitas pembelajaran yang berarti meningkatkan kompetensi pedagogi.

Downloads

Published

2020-12-31