PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PRONUNCIATION MENGGUNAKAN ENGLISH PRONUNCIATION APPLICATION

Authors

  • Senowarsito Universitas PGRI Semarang
  • Sukma Nur Ardini Universitas PGRI Semarang
  • Suwandi Universitas PGRI Semarang
  • AB. Prabowo KA Universitas PGRI Semarang

Abstract

Studi sebelumnya menunjukkan bahwa pronunciation tetap masalah penting yang dihadapi oleh siswa mulai dari mahasiswa baru sampai mahasiswa tingkat atas. Oleh karena itu, pendidik membutuhkan media untuk meningkatkan keterampilan siswa yang bertujuan untuk merangsang pikiran, keterampilan, dan perhatian siswa. Siswa perlu mendengar langsung dari penutur asli agar mereka dapat memiliki pronunciation yang sesuai. Hal ini dapat dicapai dengan menonton video dan lagu barat, namun, media tersebut tidak dapat memberikan umpan balik. Mereka perlu memiliki media yang mampu memberikan umpan balik bagi siswa untuk mengetahui apakah pronunciation mereka benar atau tidak. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu persepsi siswa dalam menggunakan aplikasi pengucapan bahasa Inggris. Desain penelitian deskriptif qualitatif digunakan dalam penelitian ini. Sampling acak yang digunakan untuk memilih 32 siswa kelas XI SMA Kesatrian 2 Semarang di tahun akademik 2018/2019. Data dikumpulkan dari angket yang kemudian dianalisis dan dilaporkan sebagai tujuan dari penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa setelah menggunakan EPA di kelas pronunciation adalah positif. EPA cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran pronunciation serta membantu siswa belajar pronunciation dengan mudah dengan menggunakan pedoman EPA sebagai produk dari penelitian ini.

Downloads

Published

2020-12-31