PENDAMPINGAN MENULIS-MENYUNTING NASKAH DONGENG MERUJUK AKHLAKUL KARIMAH BAGI GURU RA/TK ATAU PAUD

Authors

  • Murywantobroto Universitas PGRI Semarang
  • Siti Fatimah Universitas PGRI Semarang
  • Ngatmini Universitas PGRI Semarang
  • HR Utami Universitas PGRI Semarang

Abstract

Permasalahan yang dihadapi mitra adalah 1) kurangnya pemahaman terkait perbedaan antara bahasa dongeng dengan bahasa cerita rakyat jenis lainnya, 2) kurang tepatnya penggunaan diksi untuk dapat dipahami anak-anak usia RA/TK atau PAUD di Kecamatan Tembalang Kota Semarang dalam curah gagasan dan perasaan ke dalam naskah dongeng, 3) kurang tepatnya penggunaan tanda baca dalam menulis naskah dongeng yang dilakukan oleh para guru RA/TK atau PAUD di Kecamatan Tembalang Kota Semarang, 4) kurang tepatnya penyusunan peristiwa secara runtut/kronologis dalam naskah dongeng, dan 5) kurang kuatnya karakter berakhakul karimah yang dibangun oleh para guru RA/TK atau PAUD di Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Oleh karena itu, tim pengabdi memberikan solusi yaitu melakukan sharing pengetahuan dan pengalaman, pelatihan, dan pendampingan terkait penulisan naskah dongeng serta penyuntingannya (yang meliputi perbedaan antara bahasa dongeng dengan bahasa cerita rakyat jenis lainnya, penggunaan diksi, tanda baca, peristiwa secara runtut/kronologis, dan pemunculan tokoh yang memiliki karakter akhlakul karimah yang kuat di dalam naskah dongeng). Pencapaian tujuan tersebut dilakukan melalui pelatihan, workshop, pendampingan, alih teknologi, dan sharing pengetahuan serta pengalaman dalam penulisan dan penyuntingan naskah dongeng yang merukjuk pada akhlakul karimah. Setelah dilakukan pendampingan oleh tim pengabdi, kemampuan para guru RA/TK dalam menulis dan menyunting naskah dongeng bermuatan akhlakul karimah menunjukkan perubahan ke arah yang makin baik.

Downloads

Published

2020-12-31