STUDI ANALISIS GURU KELAS DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD PANDEAN LAMPER 02 KOTA SEMARANG

Authors

  • Husni Wakhyudin Universitas PGRI Semarang
  • Anggun Dwi Setya Putri Universitas PGRI Semarang
  • Heri Saptadi Ismanto Universitas PGRI Semarang
  • Intan Rahmawati Universitas PGRI Semarang

Abstract

Pandemi Covid-19 telah membuat percepatan transformasi dalam berbagai bidang di dunia, termasuk dalam bidang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis perencanaan pembelajaran yang dilaksanakan ketika masa pandemi Covid-19 di SD Pandean Lamper 02 Kota Semarang. Penelitian ini merupakan studi yang menggunakan metodologi kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran selama masa pandemi di SDN Pandeanlamper 02 Kota Semarang hampir sama dengan sebelum pandemi. Perbedaannya hanya terletak pada materi yang lebih sederhana, media yang digunakan berupa video youtube, dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan videocall, grup whatsapp, google form, dan aplikasi online lainnya. Sedangkan pola pembelajaran yang dilaksanakan dengan menyusun pembelajaran yang kreatif dan bervariasi disesuaikan dengan karakteristik siswa masing-masing kelas seperti videocall, googleclassroom, google form, whatsapp grup, dan lainnya.

Downloads

Published

2020-12-31