PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP APLIKASI PEMBELAJARAN DARING PADA PELATIHAN ENGLISH FOR ACADEMIC PURPOSE UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Authors

  • Dyah Nugrahani Universitas PGRI Semarang
  • Siti Musarokah Universitas PGRI Semarang
  • Ngasbun Egar Universitas PGRI Semarang
  • Asysyifa Dinar Prashanty

Keywords:

persepsi mahasiswa, aplikasi pembelajaran daring, English for Academic Purpose

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi terhadap aplikasi pembelajaran daring yang digunakan pada pelatihan English for Academic Purpose (EAP) di Universitas PGRI Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskripsif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa peserta pelatihan English for Academic Purpose Universitas PGRI Semarang tahun 2020. Populasi penelitian ini seluruh peserta pelatihan English for Academic Purpose Universitas PGRI Semarang tahun 2020 yang berjumlah 649. Sedangkan sampel  penelitian ini adalah 119 peserta. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel, yaitu teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Kuesioner disusun dengan menggunakan Google Form. Selaras dengan instrument penelitian, data penelitian ini dikumpulkan dengan menyebar kuesioner ke responden Penyebaran kuesioner dilakukan melalui grup-grup WhatsApp (WA) peserta pelatihan. Data penelitian yang sudah dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta pelatihan EAP sebenarnya telah memiliki pengetahuan awal (background knowledge) akan teknologi dalam pembelajaran; kemampuan mereka dalam mengoperasikan beragam media pembelajaran online juga telah baik. Mereka juga memiliki persepsi yang baik terhadap beberapa aplikasi pembelajaran daring yang diterapkan pada pelatihan English for Academic Purpose (EAP) di Universitas PGRI Semarang. Namun demikian, peserta pelatihan EAP menganggap bahwa pertemuan tatap muka (luring) lebih efektif dibandingkan dengan aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran daring pada Pelatihan EAP. Oleh karena itu, diperlukan aplikasi pembelajaran online yang memungkinkan mahasiswa dapat berkomunikasi dengan instruktur, sehingga kendala yang dihadapi oleh mereka dapat teratasi.

Downloads

Published

2020-12-31