PROFIL KEMAMPUAN GURU DI SEKOLAH DASAR MARGINAL DALAM PENYUSUNAN RPP KURIKULUM 2013

Authors

  • Mudzanatun Universitas PGRI Semarang
  • Fine Reffiane Universitas PGRI Semarang
  • Ferina Agustini Universitas PGRI Semarang
  • Joko Sulianto Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kemampuan guru; Kurikulum 2013; Perangkat pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru di sekolah dasar margial dalam menyusun perangkat pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah kemampuan guru di sekolah dasar marginal dalam menyiapkan perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya kemampuan guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran sesuai kurikulum 2013, perangkat pembelajaran yang operasional sangat mendukung dalam keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian dilaksanakan di sekolah dasar kota Semarang. Subjek penelitian ini adalah empat guru dari 4 sekolah yang berbeda. Teknik pengambilan data dengan menggunakan lembar pengamatan. Teknik analisis data dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh profil kemampuan guru di kelas rendah (kelas 2) 81,96 kriteria baik, (kelas 3) 83,18 kriteria baik, profil kemampuan di kelas tinggi (kelas 4) 69,41 kriteria baik, (kelas 5) 78, 52 kriteria baik, (kelas 6) 84, 11 kriteria sangat baik. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa kemampuan guru di sekolah marginal dalam menyusun perangkat pembelajaran mencapai kriteria baik.

Downloads

Published

2020-12-31