KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA PADA MATERI ALAT OPTIK MELALUI PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Materi fisika sekolah merupakan salah satu bagian dari pembelajaran pada mata kuliah Kapita Selekta Fisika Sekolah. Optika Geometri dan Optik tersebar dalam materi fisika sekolah dan bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu, kemampuan untuk dapat mengenali masalah, merencanakan penyelesaian, memecahkan masalah sampai dengan melakukan evaluasi terhadap permasalahan harus dimiliki oleh mahasiswa. Melihat karakteristik materi pada Alat optik ini, maka kemampuan pemecahan masalah sangat diperlukan untuk memahami materi tersebut melalui pembelajaran berbasis masalah. Berdasarkan hal tersebut, kemampuan pemecahan masalah mahasiswa perlu dianalisis. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas PGRI Semarang. Instrument yang digunakan berupa tes essay yang dianalisis menggunakan rubrik penilaian kemampuan pemecahan masalah melalui problem based learning. Berdasarkan data hasil penelitian, menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dalam kategori baik (71,17%). Hasil ini dapat ditingkatkan dengan memberikan pembiasaan proses pembelajaran kepada mahasiswa terutama dengan mengaitkan dengan masalah autentik.