IMPLEMENTASI MATERI STUDI SOSIAL DALAM KURIKULUM DI PAUD KOTA SEMARANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah medeskripsikan implemnetasi materi studi sosial dalam kurikulum di PAUD Kota Semarang. Dimana pemberian materi studi sosial adalah untuk mempersiapkan anak menjadi warga negara yang baik dan mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap di dalam seluruh disiplin ilmu. Pembelajaran di Taman Kanak-kanakseharusnya mengintegrasikan materi studi sosial ke dalam kurikulum. Ini berarti pentingnya materi studi sosial ada dalam kurikulum di PAUD. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif naturalistik. Hasil pengamatan dari implementasi materi studi sosial di dalam kurikulum di PAUDdimana guru belum menguasai materi studi social dan materi tersebut dianggap tidak penting, karena masih mengutamakan materi bidang lain seperti sains, dan matematika. Sedangkan kesimpulannya adalah : (1) Untuk mendorong perkembangan intelektual dari pengalaman nyata dalam kehidupan anak, pentingnya memberikan dasar berupa pembelajaran studi social (2) Materi studi social ini menjadi sangat menarik dan menyenangkan apabila dilakukan dengan praktek langsung , karena anak mempunyai daya tarik tinggi ketika berlandaskan pengalaman pertama yang mereka alami dan interaksi sosial. Faktor yang merangsang daya tariknya anak-anak pada studi sosial: (1) Anak-anak dapat memilih pengalaman belajar mereka sendiri, aktivitas, topik, dan materi (2) Anak-anak yang diberikan pilihan menjadi lebih mungkin untuk sukses karena mereka dapat belajar memecahkan masalah disekitarnya.