PERAN ORANGTUA DALAM PENGUATAN MATERI EDUKASI SEKSUALITAS “AKU DAN KAMU” DI TK TAMAN BELIA CANDI

Authors

  • Ellya Rakhmawati Universitas PGRI Semarang
  • Tri Suyati Universitas PGRI Semarang
  • Suhendri Universitas PGRI Semarang
  • Wiwik Kusdaryani Universitas PGRI Semarang

Abstract

Perkembangan seksualitas anak usia dini mengalami perubahan yang sangat pesat dibandingkan individu di tahap usia lain sebagai konsekuensi dari pertumbuhan dan perkembangan yang dialaminya di aspek fisiologis, kognisi, emosi maupun sosial. Kesadaran anak terhadap perkembangan seksualnya perlu dibangun mengingat anak memiliki hak terhadap tubuhnya dan memiliki hak untuk dilindungi dari kekerasan seksual pada anak. TK Taman Belia Candi telah mengimplementasikan program edukasi seksual “Aku dan Kamu”. Edukasi ini dilakukan oleh guru di sekolah yang diharapkan ditindak lanjuti oleh orang tua mengingat orang tua memegang tanggung jawab utama dalam pendidikan seksual pada anak. Tujuan penelitian ini mengamati peran orang tua pada penguatan program edukasi seksual “Aku dan Kamu” yang telah diajarkan di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan 5 responden orang tua dari siswa TK A. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara. Analisis menggunakan analisis tematik. Hasilnya, orang tua berperan memberikan apresiasi pada anak saat mereka berhasil menunjukkan perilaku yang diharapkan, menjaga konsistensi penerapan perilaku dengan melakukan pengulangan perilaku, membuka diskusi dengan anak, membacakan buku yang menunjang pemahaman maupun keterampilan anak dan bermain peran yang melibatkan keluarga untuk menguatkan materi di sekolah.

Downloads

Published

2020-12-31