KEEFEKTIVAN KEBIJAKAN E-LEARNING DI SEKOLAH DASAR PADA MASA COVID-19

Authors

  • Nurkolis Universitas PGRI Semarang
  • Muhdi Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Covid-19, internet; smartphone; teknologi komunikasi dan informasi; teknologi pendidikan.

Abstract

Ruang lingkup penelitian ini adalah terkait kebijakan belajar di rumah secara e-learning di Sekolah Dasar (SD) selama masa Covid-19. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan keefektivan rumusan kebijakan e-learning di SD dan mendeskripsikan keefektivan implementasi e-learning di SD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kebijakan dengan pendekatan campuran kuantitatif dan kualitatif. Responden penelitian adalah guru SD sebanyak 6.279 orang di 35 Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Tengah. Penelitian dilakukan pada bulan April 2020 dengan menyebarkan angket melalui google form dengan tingkat kepercayaan 95%. Data juga dinalisis dari 15 dokumen kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, Dinas Pendidikan Provinsi, serta Dinas Pendidikan Kabupaten atau Kota. Data kuntitatif diolah dengan program Pivoting di MS Excel dan data kualitatif diolah dengan program Nvivo12+. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumusan kebijakan e-learning sudah efektif dilihat dari unsur kebijakan dan tujuan kebijakan. Implementasi kebijakan e-learning belum efektif dilihat dari aktivitas interaksi pembelajaran, media yang digunakan, platform yang dipilih, metode yang digunakan, dan evaluasi yang digunakan guru.

Downloads

Published

2020-12-31