STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MENGGUNAKAN MATRIK IE SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN BATIK TULIS LASEM

Authors

  • Muhammad Tahwin STIE YPPI Rembang
  • Anik Nurhidayati STIE YPPI Rembang

Keywords:

Matrik IE; Pengembangan;Strategi; Usaha Kecil Menengah

Abstract

Pada saat ini Batik Tulis Lasem merupakan salah satu produk unggulan Kabupaten Rembang. Namun demikian perkembangan usaha Batik Tulis Lasem relatif stagnan dan masih kalah dibandingkan dengan industri batik di Pekalongan, Yogjakarta dan Solo.Tujuan penelitian ini adalah merumuskan strategi pengembangan UKM Batik Tulis Lasem. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara. Sampel sebanyak 40UKM Batik Tulis Lasem dengan menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan Matrik IE. Hasil penelitian menunjukkanUKM Batik Tulis Lasem berada di sel V yang bermakna pada posisi growth and stability strategy. Dalamposisiini UKM Batik Tulis Lasem dapatmenggunakan strategi intensif yaitu strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan strategi pengembangan produk. Pada strategi penetrasi pasar UKM Batik Tulis Lasem harus berusaha meningkatkan market share melalui pemasaran dengan meningkatkan promosi yang lebih gencar.Strategi pengembangan pasar dapat dilakukan UKM Batik Tulis Lasem dengan mengembangkan aktivitas pemasaran. Jangkauan pasar harus lebih luas dari yang sudah dijangkau selama ini dengan tujuan pasar internasional.Strategi pengembangan produk dapat dilakukan oleh industri Batik Tulis Lasem dengan melakukan inovasi motif dan desain batik.Growth and stability strategy mengindikasikan UKM Batik Tulis Lasem dapat melakukan strategi pertumbuhan melalui integrasi horizontal dengan melakukan konsolidasi untuk menghindari kehilangan penjualan dan kehilangan profit. Strategi horizontal dapat dilakukan UKM Batik Tulis Lasem dengan meningkatkan pengawasan terhadap kegiatan produksi, mempercepat dan memperlancar distribusi produk, membangun jaringan agen atau distributor untuk pasar-pasar potensial.

Downloads

Published

2020-12-31