PENGGUNAAN SMARTPHONE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRONUNCIATION BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Sukma Nur Ardini Universitas PGRI Semarang
  • Suwandi Universitas PGRI Semarang
  • AB. Prabowo KA Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Smartphone; English Pronunciation Application; Pronunciation

Abstract

Studi ini merupakan studi kolaborasi dalam penggunaan smartphone untuk menerapkan English Pronunciation Application (EPA) sebagai media untuk meningkatkan keterampilan siswa kemampuan pronunciation siswa. Tujuannya adalah menemukan perbedaan yang signifikan dalam kemampuan pronunciation siswa menggunakan aplikasi EPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pre-experimental menggunakan one group pre-test post-test desain dengan pemilihan sampling secara acak sejumlah 32 siswa yang diambil dari kelas XI SMA Ksatrian 2 Semarang tahun akademik 2018/2019. Pengumpulan data menggunakan pra-tes dan pos-tes lalu dianalisa menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pra-tes sebesar 66, sementara pos-tes sebesar 86. Siswa yang masuk kategori sangat baik meningkat hingga 31%, dan kategori baik mencapai 60%. Kategori tidak memadai meningkat menjadi memadai sebesar 63%. Siswa gagal menjadi nol. Hasil SPSS menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, menggunakan aplikasi EPA sebagai media mampu meningkatkan pronunciation mahasiswa secara efektif. Disarankan untuk guru bahwa aplikasi EPA sangat berguna dalam pengajaran pronunciation tetapi mereka harus kreatif dalam menggabungkan aplikasi dan minat siswa dalam media lain seperti lagu dan film. Semua itu dapat dikombinasikan untuk meningkatkan kemampuan pronunciation siswa tanpa mengabaikan minat siswa.

Downloads

Published

2020-12-31