PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PENINGKATAN AKSESBILITAS PASAR KAMPUNG SENI DAN BUDAYA DESA SENDANGASRI

Authors

  • Muhammad Tahwin Universitas PGRI Semarang
  • Anik Nurhidayati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

pemasaran, pelatihan, pendampingan, website

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Kampung Seni dan Budaya Desa Sendangasri, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah rendahnya pengetahuan dan kemampuan pemasaran pariwisata. Selama ini informasi tentang kegiatan seni budaya di Desa Sendangasri dilakukan dengan teknik WOM (Word of Mouth) /informasi dari mulut ke mulut. Kampung Seni dan Budaya Desa Sendangasri juga belum mempunyai media pemasaran konvensional maupun teknologi informasi untuk menarik kunjungan wisatawan. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan Kampung Seni dan Budaya Desa Sendangasri kepada masyarakat luas sehingga menjadi destinasi wisata seni dan budaya di Kabupaten Rembang. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah pelatihan, fasilitasi dan pendampingan. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan materi strategi pemasaran pariwisata. Fasilitasi dilakukan dengan pembuatan website Kampung Seni dan Budaya. Kegiatan pendampingan dilakukan, dengan tujuan untuk mendampingi mitra agar mampu menyusun paket wisata serta mampu mengelola website sebagai media pemasaran. Hasil kegiatan menunjukkan (1) Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan mitra. (2) Mitra memiliki brosur yang berisi paket wisata, (3) Mitra memiliki website Kampung Seni dan Budaya sebagai media pemasaran.

Downloads

Published

2020-12-31