BMC BAGI “KOMUNITAS ARDEKO” DESA WONOKERTO KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BATANG

Authors

  • Ngasbun Egar Universitas PGRI Semarang
  • Fitri Yulianti Universitas PGRI Semarang
  • Dyah Nugrahani Universitas PGRI Semarang
  • Siti Musarokah Universitas PGRI Semarang
  • Novika Wahyuhastuti Universitas PGRI Semarang

Keywords:

BMC, Komunitas ARDEKO, Desa Wonokerto

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk menjadikan mitra ARDEKO (Arek-arek Desa Kolur) paham akan prinsip dalam BMC (business model canvas).  Selain itu harapan besarnya adalah supaya para mitra menjadi berdaya dalam segi ekonomi.  Berdasarkan hasil pelatihan yang telah dilaksanakan, BMC mampu membuat mereka semakin mudah dalam mendesain dan merencanakan: segmen pelanggan (Customer Segments), nilai produk (Value Proposition), sekat (Channels), pendapatan (Revenue Streams), sumber daya kunci (Key Source), pelanggan (Customer Relationship), kegiatan inti yang berhubungan dengan produktivitas bisnis (Key Activities), pihak lain yang dibutuhkan dalam bisnis (Key Partnership), dan biaya yang dibutuhkan dalam mengoperasikan bisnis (Cost Structure).  Metode yang dipakai dalam kegiatan pengabdian ini adalah ceramah, diskusi, workshop, dan pendampingan. Langkah-langkah yang ditempuh dalam melaksanakan kegiatan pengabdian ini adalah: (1) survey awal untuk memahami bentuk pelatihan dan materi seperti apa yang dibutuhkan oleh mitra, (2) sesi pelatihan (termasuk workshop), dan (3) pendampingan pasca pelatihan.  Hasil yang diperoleh mitra adalah: 1). kemampuan para mitra dalam mendesain bisnis yang sedang, pernah, dan akan dijalankan dengan BMC, 2) kemampuan para mitra dalam menerapkan BMC, dan 3) kepercayaan diri para mitra untuk membuat rencana bisnis emnggunakan BMC menjadi nyata.  Harapan selanjutnya adalah akan ada kegiatan pelatihan lanjutan sebagai bentuk pemantauan atas kemajuan bisnis yang dijalankan mitra pengabdian.

Downloads

Published

2020-12-31