Keefektifan Pembelajaran Komputer Digital Marketing Model Gelder dan Briggs Berbasis Hybrid Learning

Authors

  • THEODORA INDRIATI WARDANI WARDANI UPGRIS

Keywords:

keefektifan, pembelajaran komputer digital marketing, model Gelder, model Briggs,Hybrid Learning

Abstract

Untuk penelitian tentang efektifitas pembelajaran komputer digital marketing ini digunakan model pembelajaran secara hybrid learning. Model pembelajaran yang dipilih adalah model pembelajaran Gelder dan model Briggs. Beda kedua model itu ialah pada model Gelder terdapat kegiatan pengelompokan mahasiswa dan monitoring, sedangkan pada model Briggs kegiatan monitoring. Kegiatan pembelajaran komputer digital marketing dilaksanakan secara luring untuk kelompok model Gelder dan secara daring untuk kelompok model Briggs.

            Masalah yang diteliti adalah model pembelajaran manakah yang lebih efektif di antara kedua model itu. Untuk menemukan jawaban atas masalah itu dilakukan penelitian eksperimen yang membandingkan kedua model pembelajaran tersebut di FPMIPATI Universitas PGRI Semarang, Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi S1, semester 7 tahun ajaran 2021-2022. Untuk penelitian digunakan dua kelompok, masing-masing jumlah mahasiswanya 11 orang di kelompok yang satu pembelajaran dilakukan secara luring dengan model Gelder, sedangkan kelompok yang kedua dilakukan secara daring dengan model Briggs. Dari hasil kerja mahasiswa di kedua kelompok itu diperoleh data skor nilai yang dinyatakan dengan angka. Data yang dihitung secara statistik dengan uji t untuk menentukan perbandingan keefektifan kedua model itu. 

            Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran komputer digital marketing yang diajarkan secara luring dengan model Gelder lebih efektif daripada model Briggs yang diajarkan secara daring dalam hybrid learning. Maka disarankan agar model Gelder digunakan untuk pembelajaran komputer digital marketing dilaksanakan secara luring ini dapat menghasilkan nilai rata-rata kelas yang lebih tinggi daripada nilai rata-rata model Briggs dilaksanakan secara daring dalam hybrid learning.

Downloads

Published

2021-12-31