Pandangan Guru Bahasa Indonesia SMA Terkait Ilmu Sintaksis dalam Pembelajaran

Authors

  • Ika Septiana Universitas PGRI Semarang
  • Asropah Universitas PGRI Semarang
  • Ahmad Ripai Universitas PGRI Semarang

Keywords:

pandangan guru; pembelajaran bahasa Indonesia SMA; Sintaksis

Abstract

Proses pembelajaran Bahasa Indonesia SMA memiliki cara pandang yang beragam dalam memahami materi ajar. Setiap guru maupun peserta didik memiliki kendala atau kesulitan yang beragam baik itu masalah isi materi maupun ketersediaan buku ajar maupun buku referensi. Dalam pembelajaran diperlukan sinergi antara guru dan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 revisi saat ini berbasis teks dengan memberikan keterampilan ke peserta didik untuk dapat menghasilkan tulisan berbagai jenis teks. Dalam menghasilkan tulisan tersebut diperlukan pemahaman mengenai merangkai kata menjadi kalimat yang benar dan baik sehingga memiliki kepaduan bentuk dan makna. Hal itu berkaitan dengan ilmu Sintaksis yang membahas mengenai kalimat. Tujuan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan pandangan guru bahasa Indonesia SMA terkait ilmu Sintaksis dalam pembelajaran. Artikel ini merupakan hasil penelitian R&D. Teknik pengumpulan data melalui angket dan diskusi kelompok terpumpun. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tujuh aspek kebutuhan guru dalam model pengembangan buku Bahasa Indonesia SMA berbasis Sintaksis.

Downloads

Published

2023-03-08 — Updated on 2021-12-31

Versions