Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Penulisan Ilmiah Berbasis Kasus di Prodi PBSI Universitas PGRI Semarang

Authors

  • Siti Ulfiyani Universitas PGRI Semarang

Keywords:

bahan ajar; penulisan ilmiah; kasus

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap bahan ajar penulisan ilmiah berbasis kasus dan mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar penulisan ilmiah berdasarkan hasil penelitian dan kurikulum yang berlaku di Prodi PBSI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskripstif  kualitatif. Data diperoleh melalui teknik angket dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data yang telah dianalisis kemudian disajikan secara informal. Berdasarkan penelitian, persepsi mahasiswa terhadap bahan ajar yang selama ini digunakan masih belum sesuai dengan kebutuhan. Mereka memiliki kesulitan dalam mempergunakan referensi karena referensi masih terbatas, belum memuat materi yang lengkap, belum memuat contoh kasus, dan minim latihan. Oleh karena  itu, mahasiswa membutuhkan bahan ajar yang memuat materi dan kasus yang bersifat praktis yang dilengkapi dengan penjelasan solusi untuk menyelesaikan kasus tersebut untuk memudahkan mereka dalam memahami dan mengimplentasikan konsep teoretis menulis ilmiah dalam berbagai konteks. Analisis kebutuhan tersebut diperkuat dengan informasi yang diperoleh melalui analisis dokumen kurikulum dan penelitian yang relevan.

 

Downloads

Published

2021-12-31