Analisis Sentimen Konsumen Menggunakan Pendekatan Business Intelegence

Authors

  • Aryan Eka Prastya Nugraha Universitas PGRI Semarang
  • Riyanto Universitas PGRI Semarang
  • Inayah Adi Sari Universitas PGRI Semarang
  • Dwi Prasetiyo Hadi Universitas PGRI Semarang

Keywords:

sentimen, konsumen, covid19, business intelegence

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen konsumen selama pandemi berlangsung yang hasilnya berupa indeks (sentiment) konsumen serta memberikan masukan berupa strategi pada bisnis ritel tersebut. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dengan menggunakan angket online mengenai Indeks Sentimen Konsumen terhadap 500 Responden dari berbagai usia (remaja – produktif) dan 200 Bisnis ritel di Kota Semarang. Teknik analisis data yang digunakan adalah Business Intelegence dengan visualisasi data menggunakan Tableau. Berdasarkan hasil dan pembahasan diketahui bahwa lebih khawatir dengan dampak ekonomi, hal itu ditunjukkan bahwa yang memilih pada bagian tersebut sebanyak 161 ritel yang hampir 80% dari jumlah responden ritel. Menarik untuk diketahui bahwa dampak kesehatan menjadi kekhawatiran berikutnya dibandingkan ekonomi, yang tentunya mereka sebagai pelaku usaha sumber pendapatan hidupnya berasal dari bisnis. Sedangakan prioritas berikutnya yaitu paling banyak ada pada menjaga hubungan dengan konsumen dan mempertahankan bisnis agar tetap beroperasi. Sedangkan lama bisnis mampu bangkit akibat covid19 diperkirakan 4-6 bulan dari pilihan ritel, hal tersebut juga masih dikatakan sebagai perkiraan yang tentunya menyesuaikan dengan kapasitas modal usaha atau kinerja operasional dari ritel tersebut.

Downloads

Published

2023-03-08 — Updated on 2021-12-31

Versions