Tantangan dan Peluang Guru SMP dan MTs Pada Massa Kenormalan Baru Pendidikan
Keywords:
Covid-19; Internet; dan Media PembelajaranAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara guru menghadapi tantangan pada kenormalan baru pendidikan dan berbagai peluang yang dapat dimanfaatkan guru. Penelitian dilakukan secara kuantitatif ekspost facto dengan deskriptif dan inferensial di 5 Provinsi yang tersebar di 23 Kabupaten dan Kota dengan total responden sebanyak 1.389 orang guru SMP-MTs. Uji hipotesis menggunakan statistik non parametrik uji beda Kruskal-Wallis dan Mann-Whitney pada tingkat kepercayaan 95%. Guru telah berhasil menghadapi tantangan dengan mengikuti berbagai pelatihan sehingga sudah berhasil dalam memilih moda, model, media, dan jenis penilaian. Namun guru belum berhasil menghadapi tantangan pemilihan kurikulum dan memotivasi siswa. Peluang terbuka lebar untuk kerjasama pemenuhan fasilitas kesehatan, infrastruktur internet, pengembangan keprofesian berkelanjutan guru. Disarankan agar pemerintah dan pemerintah daerah meringankan tantangan dan merealisasikan peluang. Guru disarankan untuk menggunakan sebagian tunjangan profesinya untuk mengembangkan profesionalisme.