PEMBERDAYAAN STRATEGI PENGATURAN DIRI DALAM BELAJAR UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK KELAS X LABORATORIUM UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Authors

  • Ellya Rakhmawati Universitas PGRI Semarang
  • MA Primaningrum Dian Marhaningtyas Universitas PGRI Semarang
  • Desi Maulia Universitas PGRI Semarang
  • Heri Saptadi Ismanto Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Regulasi Diri dalam Belajar, Motivasi Belajar, Pelatihan

Abstract

Pandemik Covid-19 membawa dampak signifikan dalam proses belajar peserta didik. Ruang belajar yang biasa dilakukan melalui interaksi langsung di sekolah berubah menjadi dalam jaringan (daring). Peserta didik harus menjalani Belajar Dari Rumah. Seiring melandainya pandemi, pembelajaran kembali ke sistem tatap muka terbatas. Peserta didik mengalami tiga kali perubahan. Mempertahankan motivasi belajar pada peserta didik bukanlah hal mudah. Selama daring, peserta didik merasa jenuh, tidak memiliki jadwal tetap untuk belajar, kebingungan untuk memahami bagaimana belajar, minimnya sarana prasarana penunjang belajar daring, tidak ada dukungan dari orang tua dan merasa tidak memiliki teman belajar. Pengaturan diri dalam belajar membantu peserta didik tetap termotivasi belajar secara mandiri dengan mengarahkan dirinya untuk mengelola sisi metakognisi/ kognisi, motivasi serta perilaku pada aktivitas belajar. Pelatihan dilakukan secara daring dan luring di bulan Februari 2021 dan dilanjutkan di bulan November 2021. Metode yang diterapkan berupa ceramah, tanya jawab, diskusi, permainan dan refleksi diri. Sasaran pengabdian adalah 89 peserta didik kelas X SMA Lab Universitas PGRI Semarang. Luaran pengabdian berupa peningkatan motivasi belajar para peserta didik selama 1 semester.

Downloads

Published

2021-12-31