PELATIHAN PERANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN STEAM BAGI GURU SMA SE-KORWIL XII JAWA TENGAHPELATIHAN PERANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN STEAM BAGI GURU SMA SE-KORWIL XII JAWA TENGAH

Authors

  • Fenny Roshayanti Universitas PGRI Semarang
  • Sumarno Universitas PGRI Semarang
  • Aan Burhanudin Universitas PGRI Semarang

Abstract

Pengabdian ini dilatari oleh pola pendidikan yang tepat pada era revolusi industry 4.0 adalah menggunakan metode STEAM agar membuat siswa lebih berpikir kritis, mampu memecahkan masalah, mudah beradaptasi, dan komunikatif. Siswa juga bisa belajar menjadi pemimpin, kreator, dan wirausaha. Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan wilayah XII memiliki tanggungjawab untuk menindaklanjuti kebijakan tentang pelaksanaan kurikulum dengan pembelajaran yang berbasis STEAM, namun terkendala kurangnya pemahaman dan keterampilan guru dalam pembelajaran dan penilaian berorientasi STEAM. Metode yang digunakan dalam pengabdian adalah seminar, pelatihan dan pendampingan online serta pelatihan dan pendampingan hybrid learning. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa guru memiliki pemahaman terkait kebijakan dan paradigma pembelajaran IPA berbasis STEAM, sebagian besar guru memiliki kemampuan merancang pembelajaran IPA berbasis STEAM, serta guru juga mampu mengembangkan instrument penilaian untuk pembelajaran IPA berbasis STEAM.

Downloads

Published

2021-12-31