PENDAMPINGAN GURU DALAM MENYIAPKAN ASSESMEN KOMPETENSI MINIMUM DI TENGAH PANDEMI COVID 19

Authors

  • Filia Prima Artharina Universitas PGRI Semarang
  • Diana Endah Handayani
  • Wawan Kurniawan

Keywords:

Pendampingan guru, Asesemen Kompetensi Minimum, Pandemi Covid 19

Abstract

Kabupaten Jepara diharapkan mampu mewujudkan pembelajaran yang menekankan pembelajaran aktif dengan memanfaatkan teknologi terutama pada pembelajaran di masa pandemi Covid-19 ini. Pembelajaran di MI IT AL Falah Jepara sudah menggunakan pendekatan saintifik, namun demikian berdasar rekaman data pada masing-masing guru kelas mempunyai permasalahan terutama di masa pandemi Covid-19. Menurut Kepala Sekolah MI IT Al Falah Kabupaten Jepara 2020, menyatakan permasalahan yang dihadapi oleh guru-guru jenjang Sekolah Dasar saat pandemi Covid-19 ini adalah guru memberikan penugasan/PR pada siswa menumpuk, interaksi hanya searah, siswa menjadi bosan. Tugas setiap hari siswa mengerjakan LKS. Permasalahan ini muncul karena guru belum terbiasa dengan pemberian kegiatan pengamatan atau diskusi dalam form LKS online, Latihan soal-soal HOTs. Dari hasil wawancara awal bahwa permasalahan ini muncul karena guru belum siap dan belum terbiasa dengan menyusu kegiatan pengamatan ataupun soal berbasis HOTs, sementara pada tahun 2021 ini MI IT Al Falah Jepara ditunjuk dalam mempersiapkan pelaksanaan Asesemen Kompetensi Minimal di kelas V pada tahun 2021. Dengan adanya ‘’PKM MI IT AL Falah Jepara: Pendampingan guru dalam menyiapkan Asesemen Kompetensi Minimum di Tengah Pandemi Covid-19’. Pelatihan yang dilaksanakan antara lain pelatihan penguasaan kemampuan literasi dan numerasi, pelatihan menyusun soal-soal HOTs berbasis literasi dan numerasi. Untuk pendampingan berupa workshop penyusunan soal-soal HOTs berbasis literasi dan numerasi dalam bentuk kegiatan kemitraan dan pendampingan.

Downloads

Published

2021-12-31