Akuntabilitas Pendidikan Di Kabupaten Kendal Berbasis Rapor Pendidikan
Keywords:
indeks kualitas pembelajaran; input-proses-output; karakter; kualitas pendidikan; literasi; numerasi.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan akuntabilitas pendidikan, mengetahui perbedaan output pendidikan berdasarkan jenis dan status pendidikan, untuk mengetahui hubungan input-proses-output pendidikan. Jenis penelitian adalah kuantitatif korelasional secara deskriptif dan inferensial. Penelitan dilaksanaan di Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah-Indonesia dengan sampel 860 satuan pendidikan. Data berumber dari rapot pendidikan yang baru pertama kali dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia. Belum ada penelitian yang menggunakan data rapot pendidikan di Indonesia sebagai dasar analisis. Uji beda menurut jenis pendidikan mengunakan Kurskal-Wallis Test sedangkan uji beda menurut status pendidikan menggunakan Mann-Whitney Test. Uji hipotesis dengan statistic nonparametric yaitu korelasi spearman (α = 0,01) karena jenis datannya nominal dan ordinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas pendidikan di Kabupaten Kendal termasuk kategori sedang. Terdapat perbedaan signifikan output pendidikan berdasarkan jenis pendidikan yaitu Sekolah Dasar > Madrasah Ibdidaiyah, Sekolah Menengah Pertama > Madrasah Stanawiyah. Terdapat perbedaan signifikan output karakter siswa menurut status pendidikan yaitu negeri > swasta. Sekolah dengan output terendah pada Sekolah Dasar didominasi oleh sekolah negeri. Tidak terdapat perbedaan output pendidikan pada indikator kemampuan siswa dalam kemampuan literasi dan kemampuan numerasi. Terdapat hubungan positif dan signifikan input pendidikan terhadap output pendidikan. Input yang cukup kuat dan kuat hubungannya dengan output pendidikan adalah indeks kualitas proses pembelajaran dan iklim sekolah.