Evaluasi Elastisitas Rails Bar Palang Tunggal Pada Cabang Olahraga Senam Artistik

Authors

  • Tubagus Herlambang Universitas PGRI Semarang
  • Donny Anhar Fahmy Universitas PGRI Semarang
  • Pandu Kresnapati Universitas PGRI Semarang
  • Danang Aji Setiawan Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Palang Tunggal, Elastisitas, Rail Bar, Senam Artistik

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi olahraga modern menyajikan serangkaian baru dalam sains dan teknologi yang berkembang semakin cepat salah satunya mengembangkan berbagai jenis inovasi teknik olahraga dalam mengintegrasikan ruang multifungsi dan struktur pada peralatan olahraga yang multifungsi dan kompleks. Temuan penelitian peralatan olahraga multifungsi pada pengembangan produk alat latihan multiguna cabang olahraga senam artistik pada alat palang tunggal pada ruang terbatas pnting untuk dilakukan dievaluasi sebagai rekomendasi kepada atlet, pelatih dan pembina cabang olahraga senam artistik.

Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengevaluasi elastisitas bar yang ditinjau dari konstruksi desain, kesesuaian material pada produk alat palang tunggal dan simulasi perhitungan alat palang tunggal dengan CAD (Computer Aided Design). Simulasi pembebanan dilakukan pada alat palang tunggal dengan modelling geometri di asumsikan menggunakan material AISI 304 dan di berikan pembebanan sebesar 80 kg.

Metode dalam penelitian ini menggunakan cross-sectional dengan sumber data dalam penelitian ini mencakup data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil uji coba alat yang digunakan atlet, pelatih dan ahli yang memberikan evaluasi pada instrument yang digunakan peneliti. Serta dilakukan analisis produk alat latihan multiguna pada perhitungan elastisitas rail bar palang tunggal dengan menggunakan softwere computer aided design (CAD).

Simpulan evaluasi elastisitas rail bar oleh ahli, atlet dan pelatih mencapai 82,50% dan hasil simulasi, mendapatkan tegangan maksimum sebesar  MPa untuk ukuran 28 mm dan  MPa dengan safety factor sebesar 3.8 dengan kategori baik dan aman yang dibuktikan dengan teori dasar mengenai safety factor dalam computer aided design (CAD).

Downloads

Published

2022-12-31