Dampak Penilaian Dinamis pada Pemahaman Membaca dan Keterlibatan Kelas Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Keywords:
Penilaian dinamis; Keterlibatan kelas; Mahasiswa PBI, Pemahaman membaca.Abstract
Melalui desain penelitian kuasi-eksperimen dengan pretest-posttest, penelitian ini menginvestigasi bagaimana penilaian dinamis berdampak pada pemahaman membaca dan keterlibatan kelas mahasiswa prodi pendidikan bahasa Inggris. Untuk mencapai tujuan tersebut, 60 mahasiswa PBI diseleksi secara acak dan dibagi menjadi dua kelompok (kontrol dan eksperimen) dimana masing-masing terdiri dari 30 mahasiswa. Selama empat bulan, mahasiswa di kelompok eksperimen mendapatkan perlakuan model penilaian dinamis sedangkan kelompok kontrol tidak diberlakukan penilaian dinamis. Setelah selesai implementasi, perhitungan analisis dilakukan untuk membandingkan hasil pre-test dan posttest pada kedua kelompok tersebut. Hasilnya menunjukan bahwa mahasiswa di kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang pesat dalam pemahaman membacanya. Selain itu, kelompok tersebut juga mengalami perubahan dalam keterlibatan dikelas dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil temuan ini mengkonfirmasi bahwa penilaian dinamis merupakan alat yang tepat dan bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa khususnya dalam hal membaca dan keterlibatan di kelas. Untuk itu, penting bagi pendidik bahasa Inggris untuk mengembangkan pembelajaran yang efisien dengan menerapkan penilaian dinamis didalamnya.