PENGAPLIKASIAN TOTAL PHYSICAL RESPONSE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI PAUD ANAK BANGSA III SEMARANG

Authors

  • Tarcisia Sri Suwarti Universitas PGRI Semarang
  • Siti Lestari Universitas PGRI Semarang
  • M. Wahyu W Universitas PGRI Semarang

Keywords:

bahasa Inggris; pengaplikasian; pembelajaran; PAUD; Total Physical Response

Abstract

Pembelajaran tatap muka bagi PAUD seusai pandemi covid 19 sudah mendekati tatap muka secara utuh. Selama pembelajaran siswa membutuhkan aktivitas yang menyenangkan dengan melibatkan aktivitas fisik. Total Physical Response (TPR) dapat mendorong anak untuk tertarik belajar bahasa Inggris karena dilakukan dengan gerakan dan ekspresi wajah sehingga membuat siswa menjadi lebih cepat menangkap dan memahami kosakata yang diajarkan. Permasalahan yang diteliti adalah: 1) Bagaimana Tutor PAUD Anak Bangsa III Semarang mengaplikasikan pembelajaran bahasa Inggris dengan TPR pada siswanya? 2) Bagaimana respon siswa PAUD Anak Bangsa III Semarang terhadap TPR tersebut? 3) Kendala apa saja yang dihadapi tutor PAUD pada pembelajaran dengan menggunakan TPR? Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Tutor PAUD Anak Bangsa III Semarang. Tahapan metode penelitian yaitu melalui pengambilan data (observasi, kuesioner dan wawancara). Klasifikasi data dan analisa data yang dilakukan secara langsung di POS PAUD Anak Bangsa III Semarang. Luaran penelitian ini adalah Jurnal Nasional ISSN (Terdaftar) dan Prosiding SNHP UPGRIS. Hasil penelitian ini adalah 1)Total Physical Response dapat digunakan untuk mengajarkan kosakata bahasa Inggris melalui gerakan dan ekspresi wajah yang diperagakan oleh tutor; 2)Siswa merasa senang dan semakin antusias dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris karena menyenangkan dan dapat melakukan banyak gerakan; 3) Kendala yang dihadapi oleh Tutor PAUD adalah pembelajaran beberapa kosakata bahasa Inggris dengan TPR menciptakan suasana kelas yang cenderung  lebih  gaduh.

Downloads

Published

2022-12-31