Implementasi Pendidikan Multikultural Melalui Festival Seni Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Keywords:
pendidikan multikultural; festival seni; profil pelajar pancasila; keberagamanAbstract
Intoleransi beberapakali terjadi di Indonesia, salah satunya mulai menguat saat menjelang Pemilu 2019. diskriminasi juga beberapakali terjadi di Indonesia, salah satunya terjadi di sekolah terhadap siswa minoritas yang berbeda ras ataupun agama. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis implementasi pendidikan multikultural melalui festival seni projek penguatan Profil Pelajar Pancasila. penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik pengambilan data menggunakan wawancara secara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Informan pada penelitian ini adalah guru dan peserta didik di SMK Negeri 5 Kota Semarang. Simpulan penelitian ini adalah SMK Negeri 5 Semarang telah mengimplementasikan pendidikan multikulturalisme melalui pembelajaran disetiap mata pelajaran dan kegiatan ekstrakulikuler. Pendidikan multikultural juga diimplementasikan melalui kegiatan Festival Seni Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan dapat membentuk dan mengembangkan karakter peserta didik yang mampu menghargai dan bekerjasama dalam keberagaman budaya, suku, bangsa, agama dan bangsa.