Implementasi Pendidikan Multikultural Melalui Festival Seni Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Sri Suneki Universitas PGRI Semarang
  • Haryono Universitas PGRI Semarang
  • Dwi Prastiyo Hadi Universitas PGRI Semarang
  • Mahmud Yunus Universitas PGRI Semarang

Keywords:

pendidikan multikultural; festival seni; profil pelajar pancasila; keberagaman

Abstract

Intoleransi beberapakali terjadi di Indonesia, salah satunya mulai menguat saat menjelang Pemilu  2019. diskriminasi juga beberapakali terjadi di Indonesia, salah satunya terjadi di sekolah terhadap siswa minoritas yang berbeda ras ataupun agama. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis implementasi pendidikan multikultural melalui festival seni projek penguatan Profil Pelajar Pancasila. penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik pengambilan data menggunakan wawancara secara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Informan pada penelitian ini adalah guru dan peserta didik di SMK Negeri 5  Kota Semarang. Simpulan penelitian ini adalah SMK Negeri 5 Semarang telah mengimplementasikan pendidikan multikulturalisme melalui pembelajaran disetiap mata pelajaran dan kegiatan ekstrakulikuler. Pendidikan multikultural juga diimplementasikan melalui kegiatan Festival Seni Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan dapat membentuk dan mengembangkan karakter peserta didik yang mampu menghargai dan bekerjasama dalam keberagaman budaya, suku, bangsa, agama dan bangsa.

Downloads

Published

2022-12-31