Studi Kemampuan Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas VII SMP N 2 Pulosari
Keywords:
kemampuan, literasi sains, pembelajaran IPAAbstract
Literasi sains merupakan salah satu keterampilan yang diperlukan di abad 21. Literasi sains penting dikuasai siswa sehingga menjadi bagian masyarakat yang berliterasi sains. Pengukuran literasi sains diperlukan untuk mendapatkan informasi tentang kemampuan literasi sains (kemelekan literasi sains) siswa terhadap konsep-konsep yang dipelajari di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan literasi sains siswa dalam pembelajaran IPA. Metode penelitian menggunakan deskkriptif kuantitatif yang dilakukan pada 43 siswa kelas VII SMP N 2 Pulosari Pemalang. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Analsisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi sains siswa secara rata-rata rendah dengan skor 51,46. Ada kecenderungan proses pembelajaran dan penilaian belum mendukung penguasaan literasi sains siswa.