PENGEMBANGAN MEDIA KIE “CEGAH STUNTING DENGAN GERAKAN SMG-SEIMBANG” UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MASYARAKAT MENGENAI STUNTING

Authors

  • Mujahidatul Musfiroh Universitas Sebelas Maret
  • Tri Rejeki Andayani Universitas Sebelas Maret
  • Trisni Utami Universitas Sebelas Maret
  • Sholahuddin Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Stunting, media komunikasi, informasi, edukasi, kearifan lokal

Abstract

Permasalahan stunting menjadi salah satu permasalahan gangguan pertumbuhan yang diakibatkan karena kekurangan gizi.  Stunting memerlukan penanganan dan pencegahan dengan memberikan intervensi sejak dini. Permasalahan stunting yang tidak segera terselesaikan dapat berpotensi mengganggu kualitas sumber daya manusia yang berhubungan dengan kualitas kesehatan, kecerdasan, dan produktivitas sumber daya manusia serta terhambat pencapaian pembangunan berkelanjutan. Upaya penanganan dan pencegahan stunting dilakukan dengan memberikan intervensi berbasis keluarga untuk memberikan penekanan pada penyiapan kehidupan berkeluarga atau persiapan dengan pemberian konsultasi pra nikah, pemenuhan asupan gizi, perbaikan pola asuh, peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan dan peningkatan akses air minum dan sanitasi. Intervensi berbasis keluarga dapat dilaksanakan secara optimal dan efektif dengan diikuti peningkatan pengetahuan dan sikap dari keluarga mengenai stunting dan upaya pencegahan stunting. Mitra dalam pengabdian ini, merupakan organisasi masyarakat yang bertujuan untuk memberdayakan wanita dalam pembangunan keluarga melalui organisasi Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) menjadi penggerak dalam pemberian intervensi berbasis keluarga termasuk dalam penanganan dan pencegahan stunting.

Solusi yang ditawarkan dalam kegiatan pengabdian ini, yaitu pembuatan media komunikasi, informasi dan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap keluarga dalam upaya penanganan dan pencegahan stunting. Media komunikasi, informasi dan edukasi yang diciptakan disesuaikan dengan kondisi masyarakat. Sehingga, media komunikasi, informasi dan edukasi yang dibuat berbasis pada kearifan local masyarakat setempat.

Tim dalam kegiatan pengabdian ini, membuat media komunikasi, informasi dan edukasi berbasis kearifan local yang sesuai dengan kebiasaan atau budaya masyarakat yang berdomisili di lingkungan mitra. Media komunikasi, informasi dan edukasi yang ditawarkan yaitu pembuatan e-booklet penanganan dan pencegahan stunting dengan pemanfaatan sumber daya terutama sumber pangan local yang ada di masyarakat, pembuatan video mengenai pencegahan stunting sejak dini dengan judul “Cara Menyiapkan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI)” dan pembuatan leaflet atau media cetak untuk memberikan motivasi dan informasi kepada masyarakat mengenai stunting dan upaya penanganan.

Downloads

Published

2022-12-31