PELATIHAN NURSERY RHYMES DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI GURU TK DI SUKOREJO

Authors

  • Wiyaka Universitas PGRI Semarang
  • Entika Fani Prastikawati Universitas PGRI Semarang
  • AB Prabowo Kusumo Adi Universitas PGRI Semarang
  • Maria Yosephin Widarti Lestari Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Nursery Rhymes, pengabdian kepada masyarakat, guru TK

Abstract

Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memperkenalkan guru taman kanak-kanan (TK) nursery rhymes sebagai media untuk mengajar bahasa Inggris di level TK. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan sebagai bentuk tindak lanjut dari observasi dan survey yang telah dilakukan pada kelas pembelajaran bahasa Inggris di sejumlah TK di Sukorejo-Gunungpati, Jawa Tengah. Hasil survey pada saat itu menunjukan bahwa guru TK dalam mengajar bahasa Inggris masih menggunakan gambar dan metode drilling. Terlebih lagi, dalam pelaksanaanya guru masih melakukan kesalahan dalam pengucapan pada saat dilakukan pembelajaran bahasa Inggris dengan drilling di kelas. Oleh sebab itu, pengabdian kepada masyarakat ini perlu untuk dilaksanakan untuk mengatasi berbagai masalah tersebut. Tim pengabdi dari Universitas PGRI Semarang mengundang dua puluh guru TK dari beberapa TK di kelurahan Sukorejo untuk mengikuti pelatihan. Hasil dari pengabdian masyarakat ini menunjukan bahwa guru TK sangat antusias dalam menerapkan nursery rhymes pasca menyelesaikan pelatihan/workshop yang diadakan oleh UPGRIS. Mereka juga menyatakan bahwa nursery rhymes merupakan media yang menarik untuk memperkenalkan bahasa Inggris bagi anak TK. Terlebih lagi, para guru TK tersebut juga menerapkan nursery rhymes di kelasnya. Hal ini menyiratkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyaraat ii telah berjalan dengan efektif.

Downloads

Published

2022-12-31