PKM Karang Taruna Desa Banyubiru, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah: Penulisan Caption di Media Sosial Berbasis Citizen Journalism

Authors

  • Lina Putriyanti Universitas PGRI Semarang
  • Asropah Universitas PGRI Semarang
  • Setia Naka Andrian Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Penulisan Caption, Citizen Journalism

Abstract

Pengelolaan media sosial di Desa Banyubiru, Kec. Banyubiru, Kab. Semarang, Jawa Tengah, di antaranya bagaimana mengelola media sosial dari pemerintah desa, organisasi pemuda, berbagai komunitas pemuda di desa, serta media sosial yang dikelola pribadi oleh masing-masing warga. Bagi tidak sedikit masyarakat, media sosial masih dianggap sebatas media sosial yang seakan hanya berfungsi untuk merekam sejak pribadi kesehariannya semata. Media sosial yang dianggap sebatas alat untuk berinteraksi sekadarnya dengan handai tolan dan komunitas-komunitas kecilnya. Melalui Penulisan Caption di Media Sosial Berbasis Citizen Journalism ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan media sosial untuk menyebarkan dan mempromosikan tempat-tempat wisata yang ada di Desa Banyubiru supaya pengunjung tertarik yang membuat perekonomian Desa Banyubiru bangkit dan menggeliat kembali karena ramai pengunjung.

Dilakukan dengan metode penulisan caption berbasis Citizen Journalism melalui penyampaikan materi dilakukan tatap muka dengan presentasi, praktik penulisan caption di media sosial, dan evaluasi. Setelah pelatihan, warga masyarakat Desa Banyubiru khususnya bagi segenap kawula muda dapat mengoptimalkan pemanfaatan media sosial untuk menebar dan menyebarkan tempat-tempat wisata desanya dengan narasi-narasi yang menarik ke hadapan khalayak ramai. Peserta sedemikian rupa membuat caption di media sosialnya masing-masing, yakni melalui Instagram. Mereka menyuarakan apa saja yang patut disiarkan kepada khalayak untuk menciptakan daya tarik bagi desa wisatanya.

Downloads

Published

2022-12-31