PENGENALAN TEKNIK TPR PADA PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI PAUD ANAK BANGSA III SEMARANG

Authors

  • Tarcisia Sri Suwarti Universitas PGRI Semarang
  • Siti Lestari Universitas PGRI Semarang
  • M. Wahyu W. Universitas PGRI Semarang
  • HR. Utami Universitas PGRI Semarang

Keywords:

pengenalan; TPR; PAUD; pengajaran; bahasa Inggris

Abstract

Pembelajaran bagi anak usia dini pada masa pandemi COVID 19 telah mengalami berbagai perubahan disertai dengan mulai adanya pelonggaran pembelajaran tatap muka. Selama pembelajaran siswa usia dini membutuhkan aktivitas yang menyenangkan dengan melibatkan aktivitas fisik. Dasar pengenalan bahasa Inggris kepada anak usia dini dimulai dengan pemberian kosakata sederhana. Total Physical Response (TPR) dapat mendorong anak untuk tertarik belajar bahasa Inggris karena metode ini sangat menghibur mereka dan membuat mereka menjadi lebih cepat menangkap dan memahami kosakata yang diajarkan. Tutor PAUD Anak Bangsa III Semarang memiliki pengetahuan terbatas mengenai Total Physical Response (TPR) dan pengaplikasiannya. Oleh karena itu, Tim Pelaksana PKM  memberikan pelatihan dan pendampingan dengan teknik TPR. Luaran yang dicapai adalah berupa Artikel dalam Jurnal Nasional ISSN. Kesimpulan dari Program Kemitraan Masyarakat ini adalah 1) Para tutor mendapatkan pengetahuan tentang pengajaran menggunakan teknik Total Physical Response (TPR) yang tepat digunakan bagi anak usia dini; 2) Para tutor mendapatkan materi pengajaran bahasa Inggris menggunakan teknik Total Physical Response (TPR) berupa panduan yang berisi kosakata bahasa Inggris berupa instruksi sederhana; 3) Para tutor mendapatkan pelatihan dan pendampingan pengaplikasian teknik pengajaran bahasa Inggris menggunakan teknik Total Physical Response (TPR) di dalam kelas.

Downloads

Published

2022-12-31