PENDAMPINGAN PEMBUATAN PERANGKAT AJAR KURIKULUM MERDEKA BAGI MGMP PJOK SMA KOTA SEMARANG

Authors

  • Buyung Kusumawardhana Universitas PGRI Semarang
  • Maftukin Hudah Universitas PGRI Semarang
  • Fajar Ari Widiyatmoko Universitas PGRI Semarang
  • David Firna Setiawan Universitas PGRI Semarang

Keywords:

kurikulum merdeka, PJOK SMA, Kota Semarang

Abstract

Hasil wawancara dan observasi dengan MGMP PJOK SMA berkaitan dengan kesiapan dan pengetahuan tentang kurikulum merdeka masih kurang, kurangnya pengetahuan dalam menentukan capaian pembelajaran, dan kurangnya keterampilan dalam membuat perangkat ajar. Solusi yang dilakukan tim pengabidan bersama mitra yaitu Pendampingan MGMP PJOK SMA Kota Semarang dalam pelaksanaan kurikulum merdeka dalam membuat dan mengidentifikasi capaian pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar. Maka, target dari solusi ini yaitu mitra dapat memahami kurikulum merdeka belajar yang diimplementasikan pada mata pelajaran PJOK SMA. Kegiatan ini meliputi tahap analisis kebutuhan mitra dengan melakukan wawancara dan observasi, mengidentifikasi masalah serta menentukan solusi yang akan dilaksanakan. Tahap berikutnya yaitu tahap persiapan dengan melalukan koordinasi dan komunikasi dengan mitra. Setelah persiapan telah matang kemudian melakakukan Pendampingan membuat dan mengidentifikasi capaian pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan Modul ajar. Tahap terakhir yaitu evaluasi dan tindak lanjut yang dilaksanakan setiap hari selama dalam tahap pelaksanaan berlangsung. Sedangkan tindak lanjut setelah pelaksanaan selesai adalah proses pendampingan bersama mitra melalui whatsapp grup. Hasil dari kegiatan ini yaitu mitra mampu menambah pemahaman terkait kurikulum merdeka yang secara spesifik diterapkan di mata pelajaran PJOK serta mitra mahir dalam meyusun perangkat ajar pada kurikulum merdeka.

Downloads

Published

2022-12-31